Senin, 07 Februari 2011

KEKUATIRAN

KEKUATIRAN
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya (Matius 6:11)
Oleh: Glorius Keo

           Setiap orang beriman disaat hendak menjalani aktivitas, tentu terlebih dahulu akan mengawalinya dengan doa, dalam doa-doa tersebut tidak terlepas dari yang namanya mengucap syukur, meminta penyertaan, perlindungan dan berkat-berkat dari Tuhan dalam pelaksanaan aktivitas.

         Pada saat pelaksanaan aktivitas, kita akan temui banyak hal diluar sebagai stimulus yang hendak mempengaruhi pikiran/kognitif kita guna menuntut respon kita. Tetapi terkadang dengan cara berpikir kita akhirnya terjadi kekeliruan dalam memberi respon tersebut, seakan-akan kita lupa dengan doa yang baru saja kita ucapkan disaat hendak beraktivitas yakni meminta perlindungan, penyertaan dan berkat-berkat dari Tuhan. Maksudnya adalah bahwa kita ingin mendapatkan hasil yang lebih dari apa yang kita kerjakan hari ini untuk menjadikan bekal pada hari-hari selanjutnya, dan oleh karena itu meyebabkan terjadinya keserakahan dalam pekerjaan kita.

         Mengapa saya katakan demikian?. karena kita sering mengkuatirkan akan apa yang kita dapat hari ini kemudian bagaimana dengan hari esok dan hari-hari selanjutnya. Ketika kita berdoa dengan tulus, Tuhan mendengar doa kita dan Ia menyediakan penyertaan, perlindungan serta berkat-berkat yang secukupnya dalam aktivitas kita. Topik Firman Tuhan diatas, mengajari kita untuk bisa menerima yang secukupnya dari hari ini. baik itu makanan yang secukupnya, kesehatan yang secukupnya, hasil dari pekerjaan yang secukupnya dan semua yang secukupnya yang ditemui dan didapati dalam aktivitas kita hari ini. Tetapi karena hal kekuatiran kita dengan hari-hari selajutnya maka kita sering ceroboh dan serakah dalam melaksanakan pekerjaan kita, sehingga menyebakan terjadinya korupsi, perampokan, pencurian, penipuan, irih hati dan lain sebagainya.

        Lukas 12:23-33 Yesus bekata: janganlah kuatir akan hidupmu, akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu makan dan akan apa yang hendak kamu pakai. Perhatikanlah burung-burung yang tidak menabur, menuai, dan tidak punya lumbung atau bunga-bunga yang tidak memintal dan menenun, namun semuanya diperhatikanlah Allah. Untuk itu bersyukurlah akan berkat-berkat Tuhan hari ini yang secukupnya, karena yang secukupnya yang kita dapat hari ini, itulah yang terbaik dari Tuhan, dan Tuhan juga akan menyediakan berkat-berkat tersendiri yang secukupnya pada hari-hari selajutnya, semua yang kita alami dalam hidup ini membutuhkan proses dan ada waktunya. Artinya semua dalam hidup ini telah disediakan Tuhan menurut waktunya Tuhan. Tugas kita ialah bekerja dengan sungguh, dan mengucap syukurlah atas apa yang kita dapat hari ini. Burung-burung, bunga-bunga, dan ciptaan Tuhan yang lain selain manusia, baik yang berada di sekitar kita atau di alam bebas sekalipun, mereka dipelihara Tuhan, diberi Hidup oleh Tuhan. Apalagi kita ! Janganlah kita kuatir. Tidakah kita lebih mulia dari semua ciptaan Tuhan di Dunia ini. AMIN

TUHAN MENYERTAI KITA

Manutapen, 06 Oktober 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar